Rabu, 07 Mei 2008

Fakta dan opini

C. Fakta dan Opini

Fakta adalah suatu hal (keadaan atau peristiwa) yangmerupakan kenyataan. Fakta dapat diketahui dengan menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana atau berapa.

Opini adalah pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang tentang sesuatu.Opini dapat diketahui dengan menjawab pertanyaan : bagaimana.

D. Konsep dalam Bacaan

Konsep adalah ide atau pengertian yang diabstrakan dari peristiwa konkret. Sebuah konsep dalam bacaan dapat ditentukan dari pernyataan atau penjelasan yang dikemukakan dalam bacaan tersebut.

E. Gagasan Utama

Gagasan utama dalam bacaan merupakan suatu hal yang dibahas atau diungkapkan dalam bacaan. Letak gagasan utama dapat diawal paragraph (deduktif), diakhir paragraph (induktif). Dalam jenis karangan narasi dan deskripsi, gagasan uatama dapat tersebar diseluruh kalimat.

F. Judul Bacaan

Judul adalah nama yang dipakai untuk buku atau bab buku yang dapat menyiratkan secara pendek isi dan maksud buku atau bab buku itu.

Yang harus diperhatikan dalam penulisan judul yaitu harus ditulis mengacu pada EYD.

G. Tanggapan Isi Bacaan

Setelah membaca sebuah bacaan, kita sering memberi komentar baik (positif) maupun buruk (negative) terhadap bacaan tersebut.

Tidak ada komentar: